Home » » Mencari Ide Kreatif dalam membuat Desain

Mencari Ide Kreatif dalam membuat Desain

kreatif meruapakan sebuah kata sifat yang memiliki sebuah arti sesuatu hal yang baru di ciptakan. untuk menciptakan sebuah hal yang baru, maka kita harus mengetahui apa yang belum ada sebelumnya. namun untuk menciptakan sebuah hal yang baru ini kita harus benar benar di tuntut untuk menciptakan hal yang baru dan yang belum ada sebelumnya.

karya yang disebut kreatif adalah karya yang benar benar orisinil. maksudnya karya yang benar benar asli dari pemikiran dan buatan anda sendiri. dari segi aspek gambar, pewarnaan atau dari aspek manapun harus tidak ada yang sama dengan sebuah karya orang lain. namun lain halnya dengan ke tidak sengajaan yang membuat karya kita sedikit mirip dengan karya orang lain.

ada banyak cara untuk mendapatkan sebuah ide kreatif. terkadang seseorang mendapatkan sebuah ide kreatif tersebut dalam keadaan sendirian, seperti halnya kita sedang duduk istirahat di depan halam rumah kita, namun hal ini tidak dapat dimiliki oleh semua orang, hanya saja ada beberapa orang yang terbiasa dalam cara ini untuk menemukan ide ide baru.

Ide Kreatif

Bagaimana untuk mendapatkan ide kreatif ?

sebenarnya banyak cara untuk menemukan suatu ide seperti halnya yang sudah saya sebutkan diatas, namun bagi seseorang yang tidak bisa menggunakan cara diatas, maka saya akan berikan beberapa cara agar anda mendapatkan sebuah ide yang kreatif.

Jalan jalan (survey)

apabila kita ingin menciptakan sebuah karya yang belum pernah ada, tentu kita harus mengetahui apa apa yang pernah ada sebelumnya, dengan ini anda harus mengadakan sebuah survey di berbagai tempat, untuk dijadikan bahan pembuatan ide anda. setelah anda mengetahui sebuah ide dari karya orang lain, maka anda bisa berkreasi dengan pola pikiran anda dengan melihat sebuah karya yang anda survey tadi, namun melihat maksudnya anda tidak harus membuat persis seperti karya mereka, tapi yang harus perhatikan adalah konsep, warna, bentuk, jenis huruf, ataupun elemen lainnya sehingga terbentuk sebuah ide yang sangat besar nantiknya

Tukar pikiran

cara lain untuk menemukan sebuah ide kreatif adalah dengan cara bertukar pikiran dengan orang lain baik itu teman sekolah, teman kerja, dosen, ataupun sekelompok organisasi yang bisa di ajak untuk berbicara seputar projek yang ingin anda kerjakan sambil menampung ide ide mereka yang di sampaikan. siapa tahu dengan ini anda bisa mendapatkan sebuah ide yang tak pernah di duga sebelumnya.

Membaca buku

dari dulu sampai sekarang membaca adalah sumber dari datangnya ilmu. baik membaca buku biasa, atapun juga buku elektronik seperti Ebook, blog, atau juga website. seseorang desainer terkemuka tidak pernah membuat sebuah buku, namun mereka lebih menyebar luaskan ilmunya dengan sebuah website atau blog. siapa tahu dengan membaca sebuah website atau blog, anda bisa mendapatkan sebuah ide dari para master desain.

Membuat sketsa

salah satu lain untuk mendapatkan sebuah ide adalah mencoret coret, dengan sengaja atapun tidak sengaja, anda akan mendapatkan sebuah ide yang tidak pernah anda duga sebelumnya.
namun ada sebagian orang yang tidak suka menggambar sebuah sketsa di kertas, tapi anda bisa membuat sketsa dengan sebuah software seperti coreldraw, photoshop, ilustrator. yang terpenting adalah anda bisa bebas berkreasi dan merasa senang dalam menemukan sebuah ide kreatif.

0 comments:

Post a Comment