Home » » Apa itu Internet Marketing ??

Apa itu Internet Marketing ??

Internet Marketing - Internet marketing merupakan sebuah usaha dalam menawarkan produk secara online baik itu produk yang kita miliki sendiri maupun produk orang lain. Internet marketing dapat juga di katakan sebagai e-marketing yang berarti Elektronik marketing.
namun didalam internet marketing ini tidak hanya menawarkan sebuah produk saja, tapi anda bisa menjual, promosi, layanan, serta anda dapat berhubungan langsung secara online dengan seorang customer / pelanggan.

di Indonesia banyak sekali seorang yang menjadi internet marketer, karena bisnis online ini tidak memakan modal yang banyak, namun hanya membutuhkan sebuah koneksi internet dan sebuah website untuk mempromosikan produk yang kita miliki.
dalam dunia nyata, website di ibaratkan sebagai toko, dimana kita dalam menjual dan mempromosikan sebuah produk yang kita miliki itu dengan mengandalkan sebuah website. dapat disimpulkan bahwa website adalah toko online kita.

Apa itu Internet Marketing


baiklah kali ini saya akan menjelaskan Apa itu Internet Marketing. internet marketing itu sendiri terbagi menjadi dua bagian yaitu internet marketing sumber penghasilan (source of incomo), dan internet marketing Promosi (Traffic Generation)

Internet Marketing Sumber Penghasilan (Source of Income)

sekarang ini banyak sekali masyarakat Indonesia yang mempunyai penghasilan dari Internet, namun rata dari masyarakat indonesia yang menghasilkan penghasilan dari internet adalah Mahasiswa.
dalam menjalankan Internet marketing banyak sekali type bisnis di dalamnya, namun anda tidak perlu menggunakannya semua, cupuk pilih salah satu dari type bisnis tersebut yang sekiranya membuat anda yakin dan senang dalam mengerjakannya. berikut ini merupakan beberapa type bisnis online yang ada

PPC (Pay Per Click)

Pay Per Click (PPC) merupakan sebuah program bisnis online dimana kita dibayar dari setiap iklan yang di klik oleh pengunjung website atau blog kita. program Pay Per Click ini banyak di minati oleh para webmaster atau pun para blogger sebagai penghasilan mereka di dunia online. mereka dibayar apabila seorang visitor / pengunjung yang berkunjung ke website mereka tertarik dengan sebuah iklan yang ada, kemudian pengunjung tersebut mengeklik sebuah iklan, maka mereka yang mempunyai website akan di bayar setiap iklan yang sudah di klik. namun setiap iklan tentu berbeda beda pendapatannya itu karena sudah di tentukan oleh pihak advertisement atau pengiklan sebelumnya.

program PPC ini begitu banyak sekali macamnya salah satunya adalah Google Adsense, program google adsense ini banyak diminati oleh para blogger untuk mendapatkan penghaislan dari internet, namun program PPC ini tidak hanya google adsense namun masih banyak lagi program PPC yang salin seperti Chitika.

PPS (Pay Per Sale)

Pay Per Sale (PPS) merupakan sebuah program bisnis online dimana kita di bayar apabila seseorang membeli sebuah produk melewati link affiliasi yang kita miliki. untuk besar penghasilan yang kita dapat kan itu tergantung dari banyak nya produk yang sudah terjual dan presentas komisi yang sudah ditentukan sebelumnya oleh pemiliki produk tersebut.
salah satu contoh program PPS ini adalah Clickbank, Amazon, dan lain sebagainya

Menjual Produk Sendiri

dengan adanya internet marketing ini kita tidak perlu repot repot untuk membuat sebuah bangunan atau toko untuk menjual dan mempromosikan produk yang anda miliki, namun kita cukup membangun sebuah website untuk menjual dan mempromosikan produk yang anda miliki. di Indonesia banyak sekali pengusaha pengusaha yang suksus dalam menjual produknya dengan mengandalkan sebuah website, tentu dengan membuat sebuah website anda lebih menghemat biaya dari pada membangun sebuah bangunan atau toko untuk menjual produk yang anda miliki.
salah satu produk yang dapat anda jual melalui internet marketing adalah jasa desain, undangan pernikahan, CD master, dan masih banyak lagi contoh contoh lainnya.

Internet Marketing Promosi (Traffic Generation)

apabila kita memiliki sebuah usaha tentu yang namanya promosi harus anda dilakukan bukan ? begitu pula dengan internet marketing, anda membutuhkan sebuah promosi agar supaya produk yang anda jual di kenal oleh banyak orang. di internet banyak sekali cara cara mempromosikan sebuah produk salah satu cara promosi adalah melalui PPC Advertising, SEO, Email Marketing, Social Media Marketing.

PPC Advertising

PPC Advertising sering disebut juga dengan PPC Ads, program ini adalah salah satu cara untuk mempromosikan produk yang kita miliki, namun untuk mempromosikan produk dengan menggunakan cara ini anda harus membayar kepada pihak pengiklan.
situs yang menyediakan program PPC Ads ini adalah Google Adwords, Yahoo Advertising, MSN Advertising Center, dan lain lain

SEO (Search Engine Optimization)

cara mempromosikan sebuah produk dengan cara SEO ini banyak di gemari semua orang, karna promosi dengan cara ini tidak dipungut biaya alias Gratis. namun untuk menggunakan SEO sebagai promosi, anda harus mengerti dan mempunyai keahlian di bidang SEO ini.
baca juga Apa Itu SEO

Email Marketing

salah satu cara lain dalam mempromosikan bisnis online yang anda miliki adalah dengan cara memnfaatkan Surat elektronik sebagai bahan promusi. Email marketing itu sendiri banyak sekali macamnya, antara lain adalah retention email, direct email, dan anda juga bisa mempromosikan produk dengan email orang lain. namun anda harus tidak melakukan Penipuan di dalam email tersebut, karena itu akan merugikan orang lain dan nama baik situs anda akan tercemari dengan kata SPAM.

Social Media Marketing

selain ketiga cara diatas ada cara lain untuk mempromosikan sebuah produk, yaitu dengan cara Social Media Marketing. artinya anda juga dapat memanfaatkan social media untuk alat promosi, contoh social media yang dapat anda gunakan sebagai alat promosi adalah facebook, twitter, dan yang terbaru saat ini adalah Google +

0 comments:

Post a Comment