Home » » Peluang kerja bagi Seorang desain grafis

Peluang kerja bagi Seorang desain grafis

bicara dengan sebuah peluang bisnis seorang desainer grafis tentu sangat banyak sekali, mulai dari pembuatan desain logo, layout majalah, sampul atau cover Buku, interface sofware, brousur, undangan, kartu nama, desain system, bilboard, logo, web desain, animasi, packaging atau kemasan makanan, ilustrasi, game, modeller 3D, foto digital, iklan, Banner, desain kalender, desain sketsa, dan lain sebagainya. itu semua meruapakan pekerjaan dari seorang desain grafis

Dalam ilmu desainer grafis itu sendiri tentu mempunyai tiga buah tingkatan, yaitu tingakat rendah, tingkat sedang, dan tingkat mahir.
tingkat yang paling rendah adalah dinamakan tingkat Visualizer dimana dalam tingkat ini pekerjaan yang dilakukan adalah  menerjamahkan konsep atau sketsa desain sampai desain tersebut selesai agar tampil lebih menarik, dalam tingkatan ini kemampuan praktis teknik manual dan komputer sangat berperan sekali. biasanya orang yang berada di tingkat dasar ini adalah lulusan dari SMK Grafis, D3, Operator setting atau juga orang yang bekerja di percetakan

Peluang kerja bagi Seorang desain grafis


tingkat yang kedua adalah tingkat desainer yang bisa memberikan keputusan dan menentukan sebuah desain agar bisa diterima oleh target pasaran yang dituju. dalam tingkatan ini seorang desainer harus melakukan  reset studi banding dan mempunyai pemikiran yang matang untuk mendapatkan konsep desai yang tepat. biasanya orang yang berada di tingkat ini adalah orang yang sudah lulus dari S1 sarjana.

tingkat yang paling tinggi adalah tingkat mahir yang disebut dengan tingkat konseptor. seseorang yang berada di tingkat mahir ini pola pikirnya lebih luas dan melibatkan banyak faktor antara lain faktor agama, budaya, sejarah, geografis, genetis, politis, dan lain sebagainya.
biasanya seseorang yang berada di tingkat mahir ini sudah menempuh pendidikan S2, S3 atau sudah berpengalaman di tingkat nasional maupun internasional.

Dimana saja seorang desainer bekerja ?

tentu banyak sekali pekerjaan pekerjaan seorang desainer, antara lain adalah :

desainer yang bekerja di perusahaan, disini seorang desainer bukan bergerak di bidang jasa desainer malainkan seorang desainer hanya membuat karya karya desain untuk perusahaan yang dia tempati sendiri. biasanya seorang yang bekerja di perusahaan seperti ini pekerjaanya membuat sebuah desain iklan, brousur perusahaan, video profil dan sebaginya. dengan begitu tentu seorang desainer yang bekerja di perusahaan seperti ini mendapatkan uang dari gajinya setiap bulan atau yang sudah di tentukan sebelumnya.

desainer personality, seorang desainer personal sangat berbeda sekali dengan seorang desainer yang bekerja di perusahaan. sosok seorang desainer personality tidak mau gajinya ditentukan oleh boss atau perusahaan, melainkan dia sendiri yang menentukan harga desain yang dia buat. seorang desainer seperti ini biasanya mempunyai karya desain yang berkualitas karna sebelumnya banyak sekali pengalaman pengalaman yang dia dapatkan. dan juga desainer yang satu ini bebas dalam menentukan jam kerja, karna tidak di tentukan oleh perusahaan melainkan dialah yang menentukan kapan dia mau bekerja.

Pengajar ilmu desainer, selain pekerjaan kedua diatas seorang desainer dapat bekerja sebagai pengajar. disini seorang desainer tidak membuat sebuah desainer terkemuka melainkan menyebar luaskan ilmu yang dia punya ke pada para siswa siswi yang belum mengetahui ilmu desain. namun biasanya seorang desain grafis tidak hanya mengandalkan mengajar saja, melainkan akan mengerjakan sebuah proyek grafis. namun kalau tidak ada sebuah proyek, dia tetap eksis dan awet muda karna bergaul dengan siswa siswi, dan tentu saja dengan mengajar ilmunya akan semakin cepat diingat dan bahkan bertambah luas

0 comments:

Post a Comment